Tindakan

Diagnostik Invasif & Intervensi Non Bedah

Angiografi Koroner Kateterisasi Jantung

Kateterisasi jantung adalah suatu tindakan minimal invasif dengan memasukkan kateter (selang/pipa plastik) melalui pembuluh darah ke dalam jantung dan pembuluh darah koroner yang memperdarahi jantung.

Go To Angiografi Koroner Kateterisasi Jantung

BMV (Ballon Mitral Valvuloplasty)

Balon mitral valvuloplasty (BMV) adalah suatu tindakan minimal invasif untuk memperlebar penyempitan katup mitral dengan melakukan dilatasi terhadap katup mitral dengan menggunakan balon. Katup mitral adalah katup yang menghubungkan atrium kiri dengan ventrikel kiri, sehingga darah akan berjalan satu arah dari atrium kiri ke ventrikel kiri kemudian ke seluruh tubuh.

Go To BMV

PTCA(Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty

PTCA (Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty) atau dikenal juga dengan sebutan PCI (Percutaneous Coronary Intervention) adalah tindakan minimal invasif dengan melakukan pelebaran dari pembuluh darah koroner yang menyempit dengan balon dan dilanjutkan dengan pemasangan stent (gorong-gorong) agar pembuluh darah tersebut tetap terbuka.

Go To PTCA

BPV (Ballon Pulmonal Valvuloplasty)

BPV (Ballon Pulmonal Valvuloplasty) ialah membuka penyempitan katup Pulmonal dengan cara melebarkannya dengan balon di bagian yang menyempit.

Go To BPV

Elektrofisiologi

Elektrofisiologi adalah suatu tindakan invasif minimal untuk memetakan sistem konduksi listrik di jantung baik aktivitas listrik maupun jalur konduksinya. Studi ini ditujukan untuk mencari penyebab aritmia (gangguan irama jantung) dan lokasi fokus aritmia sehingga dapat diberikan terapi yang tepat untuk jenis aritmia tersebut.

Go To Elektrofisiologi

Pemasangan Pacemaker, CRT, ICD

Penanaman pacemaker adalah prosedur yang aman ditangan-tangan yang berpengalaman. Angka kematian yang disebabkan oleh komplikasi langsung dari penanaman pacemaker adalah kurang dari satu dalam 10,000 penanaman-penanaman.

Go To Pemasangan Pacemaker, CRT, ICD

Ablasi Konvensional

Ablasi adalah suatu tindakan untuk mengatasi gangguan irama jantung (aritmia) dengan menggunakan kateter yang dimasukkan ke dalam ruang dalam jantung, dan kateter dihubungkan dengan mesin khusus yang memberikan energi listrik untuk memutus (membakar) jalur konduksi tambahan ataupun fokus-fokus aritmia yang menyebabkan ketidaknormalan irama jantung.

Go To Ablasi Konvensional

Pemasangan ASO, ADO, AVO

Kelainan struktural pada jantung umumnya merupakan kelainan bawaan seperti lubang pada sekat di atrium (ASD =Atrium Septal Defect), sekat di ventrikel (VSD = Ventricle Septal Defect) ataupun saluran pembuluh darah besar yang tidak menutup (PDA = Patent Ductus Arteriosus).

Go To Pemasangan ASO, ADO, AVO

Ablasi 3 Dimensi

Berbeda dengan ablasi konvensional, ablasi 3-dimensi menggunakan mapping 3-dimensi dari struktur jantung dan juga dapat memetakan array (sistematis dari konduksi listrik jantung) sehingga dapat diketahui letak sumber aliran listrik abnormal secara lebih tepat. Beberapa kelainan/penyakit yang sebaiknya dilakukan ablasi 3-dimensi antara lain :

Go To Ablasi 3 Dimensi

Pemasangan Stent Aorta

Tindakan memasang stent graft yang di beri selongsong pada robekan pembuluh darah aorta (pembuluh paling besar yang keluar dari bilik kiri jantung) dan pembuluh nadi pulmoner (pembuluh dari bilik sebelah kanan)

Go To Pemasanga Stent Aorta

Intervensi Bedah

Operasi Bedah Jantung Terbuka

Kendala utama dalam bedah jantung terbuka adalah saat jantung berhenti berdetak untuk melakukan operasi, ahli bedah hanya memiliki waktu empat menit untuk melakukan tindakan terhadap jantung pasien. Lebih dari itu, pasokan darah yang berhenti akan mengakibatkan kekurangan oksigen pada otak yang meni mbulkan cacat permanent.

Go To Operasi Bedah Jantung Terbuka

  • By Pass

By Pass (CABG) Coronery Artery Bypass Graft adalah operasi memasang graft dari aorta ke pembuluh darah koroner yang disebabkan penyempitan koroner.

Go To By Pass

  • Penyakit Jantung Katup

Jantung memiliki empat ruangan, 2 ruangan kecil di atas (atrium) dan 2 ruangan besar di bawah (ventrikel).

Setiap ventrikel memiliki satu katup masuk searah dan satu katup keluar searah.

Katup trikuspidalis membuka dari atrium kanan ke dalam ventrikel kanan, dan katup pulmonalis membuka dari ventrikel kanan ke dalam arteri pulmonalis.

Katup mitral membuka dari atrium kiri ke dalam ventrikel kiri, dan katup aorta membuka dari ventrikel kiri ke dalam aorta.

Go To Penyakit Jantung Katup

 

  • Penyakit Jantung Bawaan

congenital heart disease atau lebih dikenal dengan penyakit jantung bawaan adalah suatu kelainan formasi dari jantung atau pembuluh besar dekat jantung. "congenital" hanya berbicara tentang waktu tapi bukan penyebabnya. Itu artinya "lahir dengan" atau "hadir pada kelahiran".

Go To Penyakit Jantung Bawaan

Ablasi 3 Dimensi

Servis Hostel kami dikelola oleh staff yang berpengalaman dalam hospitality industry yang di dukung dengan fasilitas modern yang mengedepankan kenyamanan.

Go To Ablasi 3 Dimensi

Polling

Bagaimana Pelayanan Rumah Sakit Jantung Binawaluya menurut Anda ?

Baik
Sedang
Kurang